Selasa, 06 Maret 2012

Objek wisata yang ada di Banjarbaru



Pendulangan Intan


Lokasi pendulangan intan di Desa Pumpung, Kelurahan Sungai Tiung Kecamatan Cempaka, dari Kota Banjarmasin sekitar 42 Km dan dari Kota Banjarbaru sekitar 7 Km. Obyek ini merupakan pendulangan intan secara tradisional dan para pendulang biasanya berkelompok menggali lubang pada kedalaman sekitar 10-12 meter dengan menggunakan perkakas tradisional dan metode lama, mereka bekerja keras mengadu nasib.




Obyek ini sebagai tujuan dan daya tarik wisata dan wisatawan bisa langsung melakukan transaksi jual beli. Intan atau Berlian dapat di jadikan beraneka ragam perhiasan-perhiasan seperti mata cincin, mata gelang dll.








Museum Lambung Mangkurat


Lokasi di tengah Kota Banjarbaru, jarak dari Kota Banjarmasin 35 Km, di museum ini menyimpan berbagai jenis barang peninggalan sejarah dan budaya serta profil dari wajah Kalimantan Selatan dalam berbagai aspek kehidupan dan potensi alamnya.




Koleksi Museum ini terdiri dari peninggalan Kesultanan Banjar, Situs Candi Agung, Candi Laras, Perkakas dari Batu, Ukiran Kayu Ulin, Perkakas Pertanian dan Perabot Rumah Tangga serta Alat Musik Tradisional dll. Museum ini diresmikan dan mulai berfungsi pada Januari 1978.




sumber : http://disporbudpar.kalselprov.go.id

1 komentar: